Wednesday, April 12, 2017

Tips Memelihara Kesehatan Reproduksi Pria, Wanita Secara Baik dan Benar

Kesehatan reproduksi

 

Kesehatan Reproduksi Adalah


Kesehatan reproduksi -  Definisi Sehat menurut WHO adalah suatu kondisi sejahtera fisik, mental, dan sosial yang utuh.  Jadi sehat berarti tidak sekedar tidak punya penyakit atau cacat,  tapi kondisi psikis dan sosial yang mendukung perempuan melalui proses reproduksi. Selengkapnya simak terus bersama logkesehatan.blogspot.co.id , berikut ini.


Definisi Kesehatan Reproduksi


Istilah reproduksi berasal dari kata "Re" yang berarti kembali dan kata produksi yang berarti membuat atau menghasilkan. Jadi istilah reproduksi memiliki arti sebuah proses kehidupan manusia untuk menghasilkan keturunan demi melestarikan kehidupanya. Sedangkan yang dimaksud organ reproduksi yaitu alat tubuh yang fungsinya untuk reproduksi manusia.

Menurut BKKBN, (2001), kesehatan reproduksi adalah kesehatan secara fisik, mental, serta kesejahteraan sosial secara utuh di segala segi yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses reproduksi, tidak hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan cacat secara fisik saja.
Menurut WHO kesehatan reproduksi adalah sebuah kondisi sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh tidak hanya bebas dari penyakit atau cacat di semua aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.

Menurut Depkes RI, 2000 kesehatan reproduksi adalah sebuah kondisi sehat secara menyeluruh meliputi semua aspek fisik, mental serta kehidupan sosial yang berhubungan dengan alat, fungsi serta proses reproduksi yang tidak hanya kondisi terbebas dari penyakit melainkan dimana seseorang bisa mempunyai kehidupan seksual yang aman serta memuaskan baik sebelum ataupun setelah menikah.

Jadi pengertian kesehatan reproduksi secara utuh adalah sebuah situasi dan kondisi secara menyeluruh yang meliputi fisik, mental dan kehidupan sosial,yang berhubungan dengan alat, fungsi serta proses reproduksi. Dengan demikian kesehatan reproduksi tidak hanya kondisi bebas dari penyakit saja, melainkan bagaimana orang bisa mempunyai kehidupan seksual yang aman dan memuaskan baik sebelum menikah maupun setelah menikah.

Kesehatan Reproduksi Pria


Pada umumnya kebanyakan orang mengira bila gangguan untuk memiliki keturunan cuma disebabkan oleh pihak wanita saja. Faktanya kasus ini  pada angka 20% - 30%  bisa disebabkan oleh pria. Maka dari itu, menjaga kesehatan reproduksi pria juga penting dilakukan secara cermat. Ada banyak pola hidup para pria yang ternyata bisa berisiko mengganggu kesuburan, mulai dari kebiasaan buruk, fisik yang kurang ideal, serta perawatan diri yang kurang baik. Berikut meeupakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi pria, antara lain :

Hindari minuman keras dan rokok


Sperma yang normal dan berjumlah banyak merupakan kunci peluang kesuburan yang lebih tinggi. Namun pria yang hobi mengonsumsi minuman keras secara berlebih dapat berisiko menurunkan kualitas bahkan merusak sperma.

Menjaga Berat Badan


Peluang untuk mempunyai keturunan bisa berkurang bila laki-laki mengalami obesitas. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda telah normal, periksalah ke dokter atau hitung dengan kalkulator indeks massa tubuh.

Jaga agar Testis Anda Tetap pada Suhu yang Sejuk


Kadar sperma ditentukan juga oleh suhu testis. Guna memperbesar peluang memperoleh keturunan, testikel harus berada pada suhu –1-2 derajat lebih rendah dari suhu keseluruhan tubuh. atau ada pada suhu sekitar 34,5 derajat celcius. Untuk menurunkan suhu testikel, ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain :
  • Batasi mandi menggunakan air hangat, apalagi berendam di dalamnya.
  • Bila ada pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama untuk duduk diam, ambil jeda sebentar untuk berdiri dan berjalan ke tempat lain.
  • Bila Anda bekerja di tempat yang bersuhu panas, ambil beberapa saat secara teratur untuk berada di area yang sejuk.
  • Gunakan pakaian dalam yang longgar dan nyaman agar tidak menyebabkan gerah.
Nah bila dilakukan secara rutin cara-cara di atas bisa membantu menjaga suhu testikel serta mendukung produksi sperma yang lebih baik.

Hindari Terpapar Racun dan  Lingkungan yang Berbahaya


Pelihara diri Anda dari racunpestisida, merkuri, dan timbal, Hindari juga paparan zat radioaktif. Hal-hal tersebut berisiko mengurangi tingkat kesuburan

Olahraga dan Pola Makan Sehat


Sperma yang berkualitas bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat dan segar, serta berolahraga rutin. Tetapi, hindari  olahraga secara berlebihan karena tubuh akan mengeluarkan terlalu banyak hormon steroid yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Disamping itu, pastikan Anda mengonsumsi paling tidak lima porsi sayur dan buah tiap hari, karbohidrat, protein, serta daging rendah lemak.

Berhubungan Seks secara Teratur


Pen*s yang sehat yaitu yang mengalami er*ksi secara rutin. Ketika er*ksi, oksigen dalam darah akan memenuhi pen*s dan membuatnya tegang. Menurut seorang profesor lewat penelitiannya, bila seorang pria tidak mengalami er*ksi secara rutin, maka pen*s berisiko menjadi lebih tidak elastis dan menyusut hingga 1-2 cm.

Sunat Lebih Baik


Pen*s bisa  menjadi sarang bakteri  berkembang biak. Penelitian menemukan  ada 42 jenis bakteri yang terdapat pada kulit pen*s. Dalam hal ini, sunat merupakan hal yang penting. Penelitian menemukan bila sunat bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan, seperti :
  • Jenis bakteri pada pria yang disunat lebih sedikit daripada tidak disunat.
  • Lipatan di penis yang tidak disunat berisiko dijadikan sebagai habitat  bakteri yang tidak membutuhkan oksigen.
  • WHO merekomendasikan sunat sebagai upaya mencegah HIV. Menurut WHO, risiko HIV pada pria yang disunat berkurang sampai 60% daripada yang tidak disunat.
  • Pria yang disunat lebih tidak berisiko menularkan penyakit  seksual ke pasangannya. 
Dengan menerapkan tips sederhana di atas, kesehatan reproduksi pria bisa lebih terjaga serta peluang untuk mempunyai keturunan menjadi lebih tinggi.

Kesehatan Reproduksi Wanita


Mengalami infertilitas atau mandul tentu begitu menyakitkan dan memerlukan biaya yang begitu mahal untuk pengobatan. Padahal di sisi lain, tidak ada jaminan bila anda tidak akan mempunyai masalah kesuburan. Maka dari itu yang dapat dilakukan adalah mencegah kemandulan terjadi dengan cara menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan organ reproduksi secara khusus. Memelihara kesehatan reproduksi sangat penting untuk semua wanita, 30-40% kasus infertilitas dipicu oleh wanita yang mempunyai kelainan ovulasi dan masalah di alat reproduksi. Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan reproduksi wanita supaya dapat berfungsi secara normal antara lain:

Berhenti merokok


Merokok dapat merusak ovarium, mengganggu produksi hormon estrogen serta menjadikam sel telur wanita rentan mengalami kelainan genetik.

Menjaga berat badan yang ideal


Bila Anda terlalu kurus maka anda akan menjadi kekurangan hormon estrogen dan sistem reproduksi anda tidak bisa berfungsi. Sebaliknya, terlalu gemuk juga mengakibatkan wanita kelebihan hormon estrogen dan mengganggu ovulasi serta dapat menghentikan menstruasi.

Lakukan hubungan seks yang aman


Beberapa penyakit menular seksual bisa membuat Anda kehilangan kesuburan karena dapat merusak alat reproduksi. Pada umumnya penyakit ini awalnya tidak menunjukkan gejala, sehingga  bakteri dan virus  dapat merusak organ anda sebelum anda menyadarinya.

Lakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur


Seorang ginekolog akan memeriksa ukuran dan bentuk uterus dan ovarium Anda serta memeriksa adanya kemungkinan kanker serviks. Lakukan pengobatan rutin sesuai resep dokter bila anda mengalami situasi medis seperti endometriosis atau fibroid. Hindari infeksi vagina, yang bisa menyebabkan kerusakan di rahim anda.

Menjalani gaya hidup sehat


Diet sehat, olahraga teratur serta manajemen stres akan menjadikan sistem reproduksi senantiasa sehat dan sistem tubuh berada dalam kondisi  yang prima .

Berbekal tips anatomi tubuh dan alat reproduksi di atas, tentu Anda kini bisa menyiapkan diri untuk menikmati momen indah dengan pasangan. Ingat, kehamilan hanya terjadi pada sistem reproduksi yang sehat, maka dari itu memelihara kesehatan alat reproduksi pada wanita begitu penting supaya kehamilan dan kelahiran dapat berjalan normal.

Kesehatan Reproduksi Remaja


Kesehatan reproduksi remaja adalah sebuah kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dipunyai oleh seorang remaja. Pengertian sehat disini bukan semata bebas dari penyakit atau cacat saja namun juga sehat secara mental serta sosial kultural.
Seorang remaja wajib mengetahui kesehatan reproduksi supaya mendapatkan informasi yang benar tentang proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekelilingnya. Dengan informasi yang benar, harapannya para remaja dapat memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi.
Nah, pengetahuan dasar apa yang harus diberikan kepada remaja agar mereka memiliki kesehatan reproduksi yang baik, yuk kita simak :
  • Pengenalan tentang sistem, proses dan fungsi alat reproduksi atau aspek tumbuh kembang remaja.
  • mengapa remaja harus mendewasakan usia kawin dan bagaimana merencanakan kehamilan supaya sesuai dengan keinginan bersama pasangan.
  • Penyakit menular seksual dan HIV/AIDS serta pengaruhnya pada kondisi kesehatan reproduksi
  • Bahaya narkoba serta miras terhadap kesehatan reproduksi
  • Pengaruh sosial media pada perilaku seksual remaja
  • Kekerasan seksual dan bagaimana cara menghindarinya
Mengambangkan skill komunikasi dan memupuk rasa percayaan diri supaya mampu menangkal hal yang bersifat negatif.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kesehatan reproduksi yang wajib para pria, wanita ketahui sedini mungkin. Semoga bermanfaat terimakasih sudah berkunjung.


EmoticonEmoticon