Thursday, April 20, 2017

Jenis Makanan Sehat Bayi 7 Bulan Yang Direkomendasikan

Makanan sehat bayi 7 bulan

Makanan sehat bayi 7 bulan -  Saat bunda memperhatikan rutinitas sang bayi sehari-hari,  secara tidak langsung bunda akan mempelajari dan mengetahui seperti apa kebiasaannya sehari-hari, mulai dari makan, tidur, serta bermain. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari melihat rutinitas bayi tersebut yaitu mengetahui jenis makanan bayi 7 bulan yg sehat. Saat bayi berusia 7 bulan pada umumnya sudah diberi makanan padat hingga tiga kali sehari. Disamping itu, biasanya bunda juga menambahkan ASI sekitar 700 sampai 950 ml. ASI dengan jumlah tersebut merupakan jumlah total yang diberikan dalam waktu sehari penuh atau 24 jam. 

Makanan Sehat Bayi 7 Bulan Keatas


Makanan sehat anak 7 bulan dianjurkan untuk memiliki kandungan nutrisi yang mencukupi. Hal ini dibutuhkan mengingat sang bayi telah memasuki tahap pengembangan kepribadian yang unik serta aktifitas yang dilakukan secara mandiri. Sang bayi sudah mulai belajar bagaimana mengontrol lingkungan disekelilingnya. Disamping itu, pergerakan, kreativitas serta rasa ingin tahunya sangat signifikan, akan tetapi tetap membutuhkan peran dan dorongan bunda sebagai orang tua. Peran orang tua atau bunda disini yaitu untuk memastikan semua tindakan bayi tidak berbahaya bagi keselamatan dirinya.

Selain mendukung beberapa perkembangan bayi di atas, ada baiknya makanan sehat bayi 7 bulan dapat menunjang pertumbuhan gigi mereka. Umumnya, gigi pertama pada bayi akan muncul saat usia mereka menginjak antara bulan kelima atau ketujuh. Tapi bunda tidak perlu khawatir bila bayi telah berusia tujuh bulan, namun belum juga mempunyai gigi. Karena setiap individu mempunyai perkembangan berbeda-beda dan unik, termasuk dalam urusan gigi. Mari kita simak menu mpasi bayi 7 bulan yang perlu bunda ketahui, sebagai berikut.

Makanan sehat bayi 7 bulan


Kacang Polong


Salah satu rekomendasi makanan yang boleh untuk bayi 7 bulan yaitu kacang polong. Makanan ini tergolong dalam kelompok sayuran super. Mengapa demikian karena kacang polong kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B, serta asam folat.

Ubi Jalar


Bahan makanan yang satu ini merupakan sumber vitamin E, vitamin C, serta betakaroten. Ubi jalar adalah pilihan nikmat yang dapat diberikan kepada bayi sebagai pengganti kentang.

Buah Prem


Buah ini bagus untuk memberikan bayi serat alami, energi instan, dan zat besi. Prem adalah pencahar alami sehingga dapat menjadi solusi untuk diandalkan saat bayi mengalami sembelit.

Gandum


Resep makanan bayi 7 bulan yang bergizi selanjutnya adalah gandum. Gandum dianjurkan untuk bayi untuk dapat membantu menstabilkan gula darah serta menyediakan energi dalam waktu yang lama. Bahan makanan ini juga tinggi akan serat yang larut dalam air. Serat ini sangat penting guna melindungi permukaan usus dan memelihara kadar kolesterol dalam tubuh. 

Daging Ayam


Daging ayam kaya akan protein dan vitamin B12 yang tidak ada pada sumber makanan nabati. Ayam juga cukup banyak mengandung lemak yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Daging Merah (Daging Sapi)


Daging merah merupakan sumber zat besi terbaik dan mudah diserap tubuh. Bayi yang berusia antara 6 - 12 bulan memerlukan zat besi dalam jumlah yang banyak untuk membantu pertumbuhannya. Disamping itu daging merah merupakan makanan bayi 7 bulan agar cepat gemuk juga.

Daging Domba


Daging ini tinggi akan kandungan zinc, vitamin B, serta zat besi. Ketersediaan zat besi bayi sudah disediakan secara alami dari mulai dilahirkan sampai usia 6 bulan. Untuk selanjutnya, makanan yang diberikan sebaiknya dapat memenuhi keperluan bayi akan zat tersebut.

Ikan


Makanan sehat bayi 7 bulan yang berasal dari laut yang disarankan yaitu ikan. Karena ikan merupakan sumber makanan yang rendah lemak, namun tinggi akan protein. Ikan juga merupakan makanan bayi 7 bulan untuk kecerdasan otak.

Pemilihan makanan sehat bayi 7 bulan yang tepat berpotensi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi berjalan dengan baik. Walaupun ragam menu makan sehat bayi 7 bulan di atas sangat dianjurkan, namun jangan sampai bunda terpaku pada daftar di atas. Bila diperlukan, diskusikanlsh hal ini dengan dokter anak terutama bila anak alergi terhadap salah satu dari bahan makanan di atas. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon