Friday, April 7, 2017

Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi Berusia 4–12 Bulan Agar Tubuh Bayi Selalu Prima

Makanan sehat untuk bayi

Makanan sehat untuk bayi - Dalam dunia medis, seperti yang dilansir dari alodokter.com, bayi mulai bisa diberi makanan tambahan selain ASI diusia usia 4–6 bulan ke atas. Supaya perkembangannya berlangsung baik, disarankan untuk memberi makanan sehat kepada bayi sesuai usianya misalnya, makanan bayi 4 bulan sampai seterusnya. Para ahli mengungkapkan, di usia tersebut sistem pencernaan bayi telah bisa memproses makanan padat. Disamping itu, bayi juga sudah mulai memerlukan nutrisi lebih dari sekadar ASI. Misalnya, di usia ini pasokan zat besi alami pada tubuh bayi mulai berkurang sehingga dia membutuhkan asupan tambahan supaya tidak kekurangan nutrisi tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya secara lengkap bersama logkesehatan.blogspot.co.id berikut ini.

Pertama-tama perhatikan tingkah bayi anda di bawah Ini :

  • Berat badannya telah naik dua kali lipat dari bobot lahirnya.
  • Sudah bisa mengangkat leher dan kepala.
  • Sang bayi sudah mulai tertarik dengan apa yang Anda makan dan mencoba memegang makanan dari piring Anda.
  • Nampak kelaparan meskipun baru saja diberi susu.
  • Dia dapat menahan makanan di dalam mulut.
Bila Si Kecil sudah menunjukan  hal-hal di atas, hal ini menandakan bahwa dia sudah siap diberi makanan padat. Makanan sehat dibawah ini merupakan makanan sehat untuk bayi 1 tahun kebawah. Apa saja itu ? yuk kita simak selengkapnya :

Makanan Sehat Untuk Bayi


Yogurt

Anda boleh megenalkan yogurt pada bayi berusia 6 bula. Kalsium serta vitamin D yang tinggi pada yogurt dapat memberi efek yang sangat baik untuk perkembangan tulang dan giginya. Disamping itu, Sang bayi juga jadi tidak gampang sakit karena yogurt bisa meningkatkan sistem imun tubuhnya dan mendukung kesehatan jantung dan otak. Pilihlah yogurt  dengan rasa yang tawar tanpa tambahan gula. Lalu, tambahkan pada buah yang sudah dihaluskan seperti pisang, apel, atau alpukat. Anda juga dapat memberi tambahan ASI atau susu formula dalam membuatnya supaya mudah ditelan nantinya.
Sayur dedaunan hijau gelap. Jenis makanan ini mengandung zat besi dan folat tinggi yang bagus bagi kesehatan si kecil. Pilihan terbaik yang dapat Anda berikan kepada bayi adalah bayam.

Brokoli

Disamping kalsium, serat, dan folat yang baik untuk perkembangan tubuh, brokoli juga didalamnya terkandung sulfur. Kandungan ini mampu memberikan rasa unik di lidah yang bisa membuat bayi mengenal berbagai jenis rasa. Tidak hanya itu, brokoli juga mempunyai kandungan anti kanker.

Sereal 

Sereal terbuat dari satu jenis bijian-bijian dan telah dicampur tambahan zat besi. Anda dapat mencampurnya bersama ASI, susu formula, atau air mineral. Menu tambahan ini bisa diberikan pada bayi berusia 4–6 bulan.

Jenis polong-polongan

Makanan ini kaya akan protein dan serat.

Jeruk mandarin

Rasa dari buah yang tinggi kandungan vitamin C dan zat antioksidan ini sangat disukai bayi. Anda bisa mengaturnya sebagai menu cemilan.

Labu

Sayuran ini mempunyai rasa manis yang alami dan memiliki tekstur yang lunak. Selain enak disantap, labu tinggi akan kandungan vitamin A dan C.

Daging

Mungkin Anda berfikir bila daging tidak cocok bagi bayi karena teksturnya keras. Tetapi, itu tergantung dari cara memasaknya juga. Memasak daging yang tepat untuk bayi yaitu dengan cara direbus  lama supaya empuk sehingga gampang dipotong kecil atau dihaluskan. Mengonsumsi daging baik bagi bayi karena mengandung zinc dan zat besi. Makanan sehat untuk bayi 8 bulan seperti , Daging sudah bisa diberikan pada bayi dalam rentan usia 6–8 bulan ke atas.

Dalam usia ini bayi tidak mengutamakan makanan yang memanjakan lidah. Dia cuma makan  memenuhi kebutuhannya saat lapar. Maka, hindari makanan yang bermacam rasa tambahan seperti gula. Bayi tidak membutuhkan gula. Menghindarkan Si Kecil dari zat ini dapat mencegahnya dari kerusakan gigi. Untuk memberikan rasa manis, Anda dapat menambahkan ASI, susu formula, atau buah-buahan di makanannya. Ini bisa diberikan sebagai makanan sehat untuk bayi 7 bulan juga loh. Hindari juga memberinya garam terlalu banyak, karena garam tidak bagus untuk kesehatan ginjalnya.

Dengan memberikan makanan sehat untuk bayi sesuai usia, Maka anda dapat mempunyai buah hati dengan tubuh yang prima. Demikianlah artikel Makanan sehat untuk bayi yang dapat di share pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.


EmoticonEmoticon