Wednesday, April 5, 2017

Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyakit Kulit Pada Bayi

 

Penyakit Kulit Pada Bayi


penyakit kulit pada bayi adalah Penyakit kulit yang menyerang  langsung terhadap bayi karena secara umum struktur kulit sang bayi masih belum sempurna seperti orang dewasa. Namun penyakit kulit pada bayi baru lahir ternyata, dapat juga menyerang orang dewasa yang notabene nya mempunyai struktur kulit yang lebih sempurna. Intinya siapa saja dapat terkena jenis penyakit kulit ini oleh kondisi dan penyebab yang berbeda-beda. Nah, pada kesempatan ini logkesehatan.blogspot.co.id akan menjelaskan tentang beragam penyakit kulit pada bayi dan obatnya , antara lain  sebagai berikut :


penyakit kulit pada bayi baru lahir



Bayi mempunyai kulit yang masih begitu sensitif. Seperti penyakit kulit pada bayi usia 2 bulan misalnya, dalam usia itu sang bayi sangat rentan terkena bermacam penyakit. Hal ini terjadi karena daya tahan pada bayi belum kuat seperti orang dewasa dan juga lapisan epidermis pada bayi belum sempurna sehingga belum dapat mengatur temperatur di kulitnya sendiri. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya bermacam  penyakit kulit pada bayi. Berikut penjelasan mengenai berbagai penyakit kulit yang sering kita temukan pada bayi.

Biang Keringat

 
Biang keringat atau miliria kerap kali menyerang bayi atau anak-anak. Penyakit ini umumnya ditandai oleh warna kemerahan dan rasa gatal karena udara panas ataupun lembab. Penyakit ini umumnya muncul di wajah, leher, punggung serta bagian tubuh lainnya. 

Intertrigo


Penyakit ini adalah peradangan yang terjadi di lipatan tubuh, seperti paha, perut, tangan, ketiak serta lipatan tubuh lainnya karena tubuh bayi yang terlalu gemuk. Tubuh yang terlalu gemuk serta memakai baju yang terlalu ketat dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi lembab sehingga bisa menjadi pemicu terjadinya radang kulit.

Seborrhea


Penyakit ini adalah penyakit karena peradangan di kulit yang menyebabkan timbulnya sisik di kulit kepala, wajah, punggung, serta bagian tubuh lainnya. Penyakit ini akan nampak seperti ketombe yang bersisik dan berkerak. Ini merupakan kelainan kulit pada bayi baru lahir yang sangat tidak mengenakan.

Eksim


Penyakit eksim tidak hanya menyerang anak-anak. Bayi juga bisa terkena penyakit eksim ini. penyakit ini umumnya muncul di banyak area pada tubuh bayi. Penyakit ini adalah penyakit peradangan yang memicu terjadinya pembentukan gelembung kecil atau bentol berair pada kulit bayi dan akan pecah serta mengeluarkan cairan nantinya. Pada kondisi terparah, penyakit ini dapat mengakibatkan kulit pada bayi berubah menjadi merah dan mengeluarkan kerak serta nanah. Disamping itu, bayi juga rentan terkena penyakit dermatitis kontak.


Pengobatan Penyakit Kulit Pada Bayi



Penyakit kulit pada bayi dan cara pengobatannya berbeda-beda. Harus disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita oleh bayi itu sendiri. Misalnya penanganan penyakit kulit pada bayi 5 bulan .
untuk bayi yang terkena biang keringat, anda bisa mengobatinya dengan cara memelihara suhu tubuh sang bayi. Upayakan suhu tubuh jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu lembab supaya bayi tidak terkena biang keringat.

Untuk penyakit intertigo, anda bisa mengoleskan krim zinc oxide atau jelly di area lipatan kulit sang bayi supaya bayi terhindar dari penyakit intertrigo. 

Untuk penyakit seborrhea, anda bisa mengoleskan baby oil di area kulit yang bersisik supaya kulit sang bayi senantiasa lembab serta tidak kering.

Untuk penyakit eksim dan demartitis. Kedua penyakit ini ada baiknya anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Penyakit ini membutuhkan pengobatan berupa antibiotik supaya daya tahan tubuh bayi bisa lebih kuat.

Penyakit kulit pada bayi dan balita bisa anda hindari dengan cara menjaga suhu tubuh sang bayi secara intensif. penggunaan baju yang longgar sangat baik untuk bayi anda karena kulit bisa bernafas sehingga bisa meminimalisir penyakit kulit pada bayi.


Penyakit Kulit Pada Bayi Karena Virus



Bermacam problem kulit pada bayi misalnya penyakit kulit impetigo umumnya berisiko juga diderita oleh anak-anak dikarenakan mereka bersentuhan dengan anak lain yang telah mempunyai gangguan kulit sebelumnya, yang disebabkan kuman atau bakteri tertentu. Namun, ada juga penyakit kulit yang sifatnya keturunan dan jenis ini umumnya permanen. Untuk lebih jelasnya yuk, kita simak penjelaaannya dibawah ini :

Campak


Jenis penyakit yang biasa menimpa bayi dan anak yaitu campak. Ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, penyakit campak bisa mengakibatkan komplikasi yang serius, seperti pneumonia atau peradangan pada paru-paru. Namun saat ini telah ada vaksinasi campak sebagai langkah pencegahan. Bila anak-anak telah memperoleh vaksin campak, maka kemungkinan untuk terkena penyakit ini akan sangat minim.

Kutil


Kutil adalah pertumbuhan kulit karena virus HPV. Faktanya sangat banyak type virus HPV atau human pappillomavirus, yaitu lebih dari 60 jenis, tetapi hanya sebagian yang cenderung menjadi penyebab timbulnya kutil di kulit. Virus HPV akan memicu pertumbuhan sel-sel di lapisan luar kulit secara cepat sehingga dapat menumbuhkan kutil. Kutil pada anak bisa muncul pada bagian jari, lutut, telapak tangan, telapak kaki, serta siku.

Cacar Air


Cacar air merupakan penyakit yang  umum sering menyerang kulit anak-anak. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini umumnya berupa demam panas disertai timbulnya ruam di kulit. Ruam sendiri timbul dan berbentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, serta koreng. Umumnya cacar air menyerang sang anak selama 1 minggu dan dapat menular kepada anak lain dalam waktu yang begitu cepat. Namun, anda tak perlu khawatit karena saat ini sudah ada vaksinasi yang dilakukan secara umum sehingga penyakit kulit ini, saat ini jarang diderita oleh anak-anak.

Sebagai orang tua jngan dulu panik bila mendapati buah hati anda mengidap salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Tapi bila anda merasa ragu atau bingung untuk mengatasinya sendiri, ada baiknya berkonsultasilah dengan dokter anak.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyakit kulit pada bayi yang wajib diketahui, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.


EmoticonEmoticon