Saturday, April 8, 2017

Analisa Penyakit Kulit Berlubang - Trypophobia Pada Tubuh Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyakit kulit berlubang


Penyakit kulit berlubang -  Mungkin anda kerap mendengar tentang bermacam kondisi fobia misalnya, claustrophobia , ornithophobia, serta fobia ketinggian dan sebagainya. Mungkin untuk trypophobia akan terasa aneh dan asing bagi anda. Nah, apa arti dari Trypophobia? Phobia sendiri dapat diartikan ketakutan yang tidak umum atau ketakutan yang berlebi, baik pada benda, tempat, situasi, dan sebagainya. Sementara Trypo  yaitu istilah dari bahasa Yunani yang berarti lubang, berarti trypophobia adalah kata lain dari nama penyakit kulit berlubang.


Sebuah penelitian dilakukan oleh Arnold Wilkins dan Geoff Cole, Trypophobia dijelaskan sebagai gangguan mental. Akan tetapi sebagian besar dokter belum percaya kalau penyakit seperti itu ada, mereka percaya kalau Trypophobia hanya sebuah ketakutan pada sarang lebah dan antholes,  yang membuat orang berasumsi kalau struktur berlubang tersebut terjadi di kulit atau tangan mereka. Sementara pendapat lain mengatakan kalau trypophobia yaitu rasa takut irasional intent kepada lubang organik. Jadi pada dasarnya, trypophobia yaitu ketakutan akan  lubang atau sesuatu yang mempunyai banyak lubang kecil pada mereka. Saat ini penelitian masih berlangsung untuk menemukan apakah trypophobia penyakit atau bukan.

Penyebab Trypophobia


Seperti yang telah dijelaskan diatas, Trypophobia yaitu ketakutan akan lubang yang berkerumun. Yang artinya bila Anda merasa sangat takut terhadap lubang yang berkerumun, maka ada kemungkinan anda akan merasakan Trypophobia beberapa waktu. Walaupun penyebab sesungguhnya belum diketahui secara pasti. Walau diyakini bila kondisi ini terjadi tepat dari anak usia dini dan berlanjut ke usia remaja, lalu perlahan akan hilang. Kondisi ini dapat muncul akibat dari kecenderungan tertentu secara eksternal maupun internal, atau mungkin juga karena bermacam kejadian traumatis kehidupan. Namun tidak ada penyebab Trypophobia yang  lebih spesifik.

Gejala Trypophobia


Seseorang yang mengalami tyrpophobia secara umum akan mengalami rasa gelisah dan perasaan gatal di tubuh setelah melihat sebuah benda yang mempunyai banyak lubang di permukaannya, seperti sumsum tulang, polong biji teratai, tangan berlubang dan berulat , spons dan sebagainya. Orang yang mengalami penyakit kulit berlubang (trypophobia) umumnnya juga mempunyai dua kemungkinan reaksi yang berbeda kepada penampakan lubang. Seseorang mungkin baik -baik ketika melihatnya sebentar saja, namun bila dia memikirkannya, menutupinya, atau menghancurkanya bahkan menderita pusing ketika melihat lubang ini lagi.

Diagnosis Trypophobia


Tidak banyak yang diketahui masalah asal muasal dan penyebab penyakit ini, mengapa tidak ada tes diagnostik yang baik untuk hal ini. Bila Anda melihat gambar saja sudah merasa tidak nyaman, maka Anda mungkin trypophobe, karena nampak merupakan penyakit kulit paling menjijikan.

Cara Menghilangkan Penyakit Trypophobia


Melakukan terapi perilaku kognitif, program neurolinguistik, atau terapi psikologis lainnya diyakini dapat membantu mengobati pasien yang mengalami trypophobia ini. Karena umumnya fobia berdasarkan pada problem emosional saja yang berakar secara mendalam. Terapi perilaku, hipnoterapi serta konseling bisa terbukti efektif untuk mengobati orang yang menderita trypophobia. Mungkin kita harus mengetahui pepatah jepang berikut ini. Takut hanya memungkinkan sedalam pikiran.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai penyakit kulit berlubang yang wajib anda ketahui. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat buat kita semua.


EmoticonEmoticon