Wednesday, April 26, 2017

Ragam Menu dan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Yang Wajib Diketahui

 

Makanan 4 sehat 5 sempurna - Makanan merupakan kebutuhan utama setiap orang. Makanan yang sehat bisa membentuk raga yang sehat. Makanan yang sehat bisa kita peroleh dari makanan yang bergizi. Kebutuhan gizi seimbang setiap harinya bisa didapatkan dari menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Nah, apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna itu dan bagaimana cara membuat menu 4 sehat 5 sempurna ? Berikut ini akan admin logkesehatan.blogspot.co.id akan uraikan tentang daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna pagi siang malam yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dan Gambarnya


Makanan Pokok

Yang pertama dari makanan 4 sehat 5 sempurna dan manfaatnya karbohidrat. karbohidrat ini sangat kita perlukan sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat dapat kita peroleh dari jenis makanan jagung, nasi, gandum, kentang, sagu, serta umbi-umbian.

Lauk-pauk

Lauk-pauk memiliki manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna sebagai pendamping dari makanan pokok. Lauk pauk penting sebagai sumber zat pembangun tubuh. Ada baiknya yang dijadikan lauk adalah bahan makanan yang mempunyai kandungan protein yang tinggi. Protein juga berfungsi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dan penyeimbang hormon. Makanan yang memiliki protein tinggi ini dapat diperoleh dari jenis makanan tahu, ikan, telur, daging, daging ayam, dan tempe. Dibawah ini adalah makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya.

Daging

Daging adalah sumber protein yang berasal dari hewan. Disamping itu, di dalam daging terkandung selenium, zat besi, zinc, omega 3, serta vitamin B kompleks.

Ayam

Ayam memiliki kandungan protein hewani. Ayam bagus untuk dikonsumsi untuk mendapatkan protein tetapi ada baiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena ayam juga mengandung banyak lemak.

Tahu

Tahu adalah Makanan 4 sehat 5 sempurna dari protein nabati. Di dalam tahu mengandung asam amino. Disamping itu, daya cerna tahu tinggi, antara 85 sampai 98%. Tahu juga bagus untuk diet karena memiliki kalori dan hidrat arang yang rendah.

Telur

Telur adalah sumber protein. Selain protein, didalam telur juga terkandung vitamin dan mineral, seperti kolin, folat, B12, dan niasin betain.

Ikan

Makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah ikan. Ikan didalamnya terkandung protein yang tinggi. Disamping itu, di dalam ikan seperti salmon dan tuna terdapat zat omega 3 yang sangat baik bagi perkembangan otak.

Tempe

Tempe yang bagus dipakai sebagai lauk yaitu tempe yang berasal dari kedelai murni. Tempe juga adalah sumber protein nabati. Disamping itu, tempe mengandung banyak zat, seperti kalori untuk sumber energi, fosfor, kaksium, karbohidrat, lemak, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Sayur-mayur

Kebutuhan Makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah sayur mayur. Sayuran memiliki berfungsi untuk pencegah penyakit. Sayuran yang bagus untuk dikonsumsi yaitu sayuran yang berwarna hijau yang didalamnya terkandung vitamin, protein nabati, mineral dan serat. Disamping itu, kandungan isothiocynate dan sulfarophane didalam sayuran hijau berkhasiat untuk memecah unsur kimia yang menjadi penyebab kanker. Sayuran  ini dapat diperoleh dari brokoli, bayam, sawi, kangkung, dan sebagainya. 

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan Makanan 4 sehat 5 sempurna yang memiliki serat yang tinggi, mineral, vitamin serta air yang bagus untuk pencernaan. Bila anda mengkonsumsi  buah-buahan secara rutin maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disamping itu buah juga memiliki fungsi untuk antioksidan. Hampir seluruh buah memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Susu

Susu adalah penyempurna menu makanan sehat yang sudah disebutkan diatas. Susu baik bagi pertumbuhan tulang dan sebagai pemasok energi. Didalam susu terdapat kandungan, kalsium, vitamin D dan B12. Akan tetapi, bila Anda mempunyai masalah dengan berat badan, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu yang rendah lemak atau susu nabati, seperti susu kedelai.


Dengan menerapkan pola makanan 4 sehat 5 sempurna di atas ,maka kesehatan tubuh akan selalu terjaga secara baik.  Bila Anda menginginkan kesehatan yang lebih baik, sudah seharusnya Anda mulai untuk membiasakan diri mengatur serta mengkombinasikan menu sehat anda sehari-hari.


EmoticonEmoticon