Wednesday, April 5, 2017

Mengetahui Penyakit Kulit Psoriasis, Gejala, Penyebab, dan Cara Ampuh Mengobatinya


Penyakit Kulit Psoriasis


Penyakit kulit psoriasis - Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit berupa peradangan kronis di kulit, dimana penderitanya sangat cepat berganti kulit. Psoriasis merupakan penyakit autoimun kronik yang menyerang kulit dan bersifat kambuhan berupa lepuhan berwarna merah dengan ukuran yang beragam dan dilapisi sisik kering berwarna keperakan. Pada tahap awal umumnya berupa bintik berwarna merah, di mana ukurannya akan semakin melebar serta terdapat sisik putih berlapis. Bagian tubuh yang kerap terkena penyakit ini adalah, dada, punggung, lengan, kuku, siku, kaki serta kulit kepala.
Kebanyakan orang berusia antara 15 sampai 30 tahun adalah terbanyak mengalami kasus ini. Walaupun demikian, penyakit ini dapat juga terjadi pada anak-anak yang lebih muda atau lansia. Di Indonesia, jumlah pengidap penyakit ini belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu untuk membantu orang yang menderita penyakit ini, maka pada tahun 2006 dibangunlah yayasan Peduli Psoriasis Indonesia.

Penyebab Psoriasis


Secara spesifik belum diketahui apa penyebab pasti penyakit psoriasis ini. Tetapi, diduga penyakit ini diakibatkan oleh autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel kulit normal atau sehat. Saat diserang sistem kekebalan tubuh, sel kulit yang harusnya melawan infeksi malah menggandakan dirinya secara cepat sehingga mengakibatkan penebalan dikulit. Secara pasti belum juga diketahui mengapa kinerja sistem kekebalan tubuh bisa keliru seperti itu. Dugaan kuat, lingkungan dan gen merupakan penyebab kuatnya.
Dalam kondisi normal tubuh akan memproduksi serta mengganti sel kulit mati dalam hitungan minggu sekali. Tetapi, pada penderita psoriasis akan mengalami pergantian kulit dalam hitungan hari saja, sehingga dapat  menyebabkan penumpukan sel kulit yang telah mati sehingga membentuk penebalan kulit, bersisik, memerah serta mengelupas. Faktor keturunan diduga kuat dapat meningkatkan resiko penyakit ini.
Pencegahan kambuhnya Psoriasis dengan menghindari beberapa faktor pemicu di bawah ini:
  • Cedera kulit karena tergores, terbakar sinar matahari, atau karena gigitan serangga.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Infeksi tenggorokan. Psoriasis guttate yang umumnya menyerang anak dan remaja tumbuh setelah penderitanya mengalami infeksi tenggorokan.
  • Pengaruh obat tertentu.
  • Kondisi cuaca dapat menjadi pemicu psoriosis. Penyakit ini akan muncul saat cuaca dingin dan kering. Sedangkan gejalanya akan berkembang saat cuaca cerah atau lembab.
  • Stres berat  juga sebagai memicu psoriasis. Berdasarkan penelitian, stres bisa meningkatkan keaktifan faktor imun yang berhubungan langsung ke psoriasis.
  • Infeksi karena bakteri dan virus bisa meningkatkan pembentukan psoriasis.

Gejala Psoriasis


Tiap orang intensitas gejala penyakit kulit psoriasis bebeda-beda. Ada orang yang mengalami gejala ringan, dan ada juga psoriasis yang muncul tanpa gejala dalam waktu tertentu. Gejala yang umum muncul karena psoriasis adalah kulit berubah warna menjadi merah, kering dan tebal, bersisik, pecah-pecah, kuku menebal, serta sendi membengkak dan kaku. Tidak seluruh orang mengalami gejala yang sama karena penyakit ini mempunyai beberapa jenis, antara lain :

Psoriasis Vulgaris

Psoriasis vulgaris adalah luka pada kulit, yang mana luka itu ditutupi oleh sisik keperakan dan berwarna merah, psoriasis ini  dikenal dengan plak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh cuaca yang dingin, infeksi atau stres. Yang mana psoriasis jenis ini bisa dimulai dari lutut, siku serta area punggung bawah.

Psoriasis Guttate

Psoriasis jenis ini merupakan luka berbentuk seperti air mata ukurannya kecil. Yang mana kemunculannya umumnya ditemukan pada kulit kepala, tungkai kaki, dan punggung. Psoriasis jenis ini karena saluran pernafasan bagian atas yang terinfeksi.  Hal ini kerap menjadi penyebab psoriasis kulit kepala.

Psoriasis Pustular

Psoriasis jenis ini merupakan lepuhan dari nanah non-infeksi yang timbul di kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kontaminasi, obat, rasa khawatir, maupun kontak dengan zat atau bahan kimia tertentu. Jenis psoriasis ini adalah ancaman serius terhadap ginjal dan jantung.

Psoriasis Eritroderma

Psoriasis jenis ini mengakibatkan kulit menjadi merah, meluas, dan bersisik. Hal ini disebabkan oleh terbakar sinar matahari atau mengkonsumsi obat tertentu. Psoriasis jenis ini dapat menutupi semua area tubuh.

Psoriasis Kuku

Psoriasis ini berbentuk kelompok lubang berwarna putih dan berukuran kecil yang tersebar di kuku, yang mana umumnya terdapat di kuku kaki yang disertai bintik kekuningan, kuku terlepas serta kuku tumbuh abnormal.

Psoriasis Inversi

Psoriasis type ini akan mengakibatkan ruam warna merah pada daerah lipatan kulit, seperti ketiak. Bahkan ruam ini  bisa bertambah parah jika bercampur keringat. Selain ketiak, psoriasis jenis ini dapat menyerang selangkangan, bawah payudara serta bokong.

Arthritis Psoriasis

Arthritis psoriasis bisa menimbulkan iritasi kulit, bersisik serta warna kuku yang berubah. Intensitas gejala penyakit kulit ini beragam karena dapat menyerang bagian sendi mana pun. Sendi yang terinfeksi akan berubah kaku bahkan mengakibatkan cacat permanen.

Psoriasis Kulit Kepala

Tipe psoriasis ini menimbulkan sisik tebal dan gatal di kulit kepala, baik itu sebagian maupun seluruhnya. Bahkan ruamnya dapat melebar melampaui garis rambut. Area kulit yang mengelupas akan nampak seperti ketombe. Oleh karena itu cepat berkonsultasi ke dokter tentang obat psoriasis di kepala yang efektif.

Penyakit Kulit Psoriasis Apakah Menular


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa psoriasis merupakan kelainan genetik dan autoimun sistem kekebalan yang menyerang tubuh sendiri bukan penyakit infeksi ataupun menular. Jadi masyarakat harus paham akan hal ini, agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Tidak pantas bila seseorang dikeluarkan dari pekerjaannya karena kulitnya menderita psoriasis. Sekali lagi ditegaskan bila psoriasis tidak menular.!

Pengobatan Psoriasis


Obat Oles

Pengobatan psoriasis dilakukan guna mengendalikan dan menekan gejala yang ditimbulkan. Pengobatan psoriasis itu sendiri umumnya memakai jenis salep tertentu yang mana untuk memperolehnya harus dari resep dokter. Jangan  menggunakan obat psoriasis di apotik tanpa di resepkan dokter. Jenis obat ini biasanya dipakai guna mengatasi psoriasis kondisi ringan atau menengah.

Obat Minum

Obat minum disarankan bila metode pengobatan lainnya tidak efektif untuk mengatasi psoriasis dengan tingkat keparahan tinggi. Untuk alternatif obat tradisional penyakit kulit psoriasis bisa juga anda gunakan nanti, akan admin ulas lengkap pada pembahasan berikutnya yah.

Obat Infus atau Suntik

Untuk tingkat keparahan yang  serius dan tinggi, umumnya akan diberi obat lewat suntikan atau infus. Yang mana sistem kerjanya untuk menurunkan tingkat reaksi sistem imun tubuh yang berlebih, dengan demikian inflamasi kulit dan regenerasi dapat berkurang.

Siapapun orang yang mengalami psoriasis tentu tidak akan merasa nyaman karena akan menurunkan tingkat aktivitas sehari-hari. Bila muncul gejala yang tak wajar seperti yang dijelaskan diatas, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh tindakan lebih lanjut. demikianlah artikel mengenai penyakit kulit psoriasis ,Terimakasih semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon