Tuesday, April 4, 2017

Jenis Penyakit Kulit Eksim Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyakit kulit eksim

Penyakit kulit eksim - Penyakit kulit jenis ini kerap kali kita temukan dalam kehidupan sehari - hari, atau  mungkin anda sedang mengalaminya. Eksim adalah jenis penyakit kulit yang sangat lumrah terjadi, dimana penyakit kulit yang satu ini umumnya kerap menimpa anak-anak bahkan sampai penyakit kulit eksim pada bayi pun sering terjadi. Walaupun demikian, tidak berarti orang dewasa tidak akan mengalaminya.

Eksim atau dalam dunia kedokteran disebut dermatitis atopik adalah peradangan yang terjadi pada kulit yang kemudian menimbulkan rasa gatal, kulit memerah, kering, serta pecah-pecah. Selain itu penyakit kulit eksim pada wajah juga dapat terjadi. Penyakit kulit ini dapat menjadi lebih buruk lagi terutama bila menimpa pada anak-anak / bayi.

Nah berikut ini admin akan sharing mengenai penyakit kulit eksim , yang mana banyak sekali jenis dan cara penanggulangannya. Yuk, kita simak penjelasannya dibawah ini.

Penyakit Kulit Eksim Basah


Eksim basah adalah peradangan di kulit  yang mengeluarkan cairan sehingga kondisinya selalu basah. Ada beberapa cara pencegahan dan pengobatan eksim basah antara lain :

Walaupun pemicunya genetik / keturunan, tetapi selama tidak ada faktor pencetusnya, (penyakit kulit eksim) ini tidak akan muncul. Jadi, jika gejalanya masih sedikit gatal atau merah, sebaiknya langsung diingat apa yang telah dilakukan sebelumnya sehingga muncul hal tersebut. Misalnya, apa yang telah dimakan atau apa yang sebelumnya dipakai, dan secepatnya hindari hal tersebut agar tidak terjadi pemaparan yang berkelanjutan. Nah, apakah penyakit kulit eksim bisa sembuh yuk, simak terus penjelasannya.

  • Mandi menggunakan air hangat.
  • Pakailah sabun yang lembut sedikit saja.
  • Pakailah pelembab  hypoallergenicsegera sehabis mandi.
  • Mengendalikan stress, karena ada jenis eksim tertentu yang berkaitan erat  dengan stress, seperti Neurodermatitis.

Bila cara diatas belum juga cukup, maka segera berkonsultasi dengan dokter agar diresepkan satu atau beberapa obat eksim berikut, tak perduli apakah eksim kering maupun basah :

  • Krim atau salep kortikosteroid. Obat ini merupakan jenis obat anti-inflamasi yang mampu meringankan gejala utama eksim, misalnya peradangan kulit serta gatal.
  • Antibiotik sesuai indikasi
  • Obat untuk mengatasi infeksi jamur, virus serta parasit sesuai indikasi.
  • Antihistamin yang memiliki efek  kantuk kerap direkomendasikan, karena ini bisa membantu mengurangi risiko menggaruk saat malam hari.
  • Inhibitor kalsineurin topikal jenis obat yang menekan aktivitas sistem imun tubuh meredakan peradangan serta mencegah kekambuhan.
  • Pelembab yang mengatasi kehilangan air dan bekerja memperbaiki kulit.

 

Penyakit Kulit Eksim Kering Dan Pengobatannya


Penyebab Eksim Kering


Adapun faktor lain yang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit eksim kering, dan umumnya penyakit ini bisa ditularkan lewat media yang meyebabkan alergi di kulit antara lain sebagai berikut :

  • Kandungan zat kimia yang tinggi
  • Sabun atau detergen
  • Kain wol atau kain yang kasar
  • Debu
  • Alat kecantikan (Kosmetik)
  • Perhiasan imitasi
  • Daerah lembab di kulit

Munculnya gejala eksim dapat menimbulkan beberapa gejala seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, panas di kulit, muncul gelembung kecil yang berisi cairan dan selanjutnya menghitam dan bersisik.

Pengobatan Alami Penyakit Eksim Kering


Untuk mengobati penyakit eksim anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, salah satu cara alternatif yaitu dengan teknik alami sebagai berikut :

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
Jeruk nipis 1 buah
Kapur sirih 1 sendok teh
Kunyit 5 ruas ibu jari (cuci bersih)
Ragi tape ½ buah
Cara pembuatannya :
Tumbuk kunyit, kapur sirih dan ragi tape hingga halus.
Kemudian dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, aduk hingga semua rata.
Poleskan atau balurkan pada kulit yang terdapat eksim. Tapi sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu dengan alkohol .

Untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya hindari beberapa makanan dengan kadar gula yang tinggi, goreng, makanan laut (udang, cumi-cumi, kerang, dan lain-lain). Hal ini karena untuk mencegah timbulnya rasa gatal di kulit serta menghindari penggarukan karena bisa mengakibatkan parut pada kulit.

Penyakit Kulit Eksim Menular


Kebanyakan orang awam, penyakit kulit eksim mungkin nampak jorok sekali sehingga banyak dari mereka yang terbawa dogma bahwa eksim itu merupakan penyakit yang langsung disebabkan oleh infeksi serta bisa menular dengan cepat seperti wabah. Tidak sedikit juga yang mengira penyakit ini menular lewat kontak langsung dengan penderita. Bahkan, baru-baru ini ada seorang pasien yang mengidap penyakit eksim datang ke tempat praktik dan mengungkapkan bahwa dirinya ditulari eksim oleh sang pacar. Ditegaskan bahwa hal ini adalah pemikiran yang salah dan keliru, fakta sebenarnya eksim tidaklah menular.!
Penyakit Kulit Eksim Dan Gambarnya
Berikut ini ada beberapa gambar penyakit kulit eksim yang merepresentasikan betapa cukup mengganggunya penyakit ini.
Demikianlah penjelasan singkat artikel penyakit kulit eksim yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.


EmoticonEmoticon