Monday, April 3, 2017

Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Aman Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung


Makanan sehat untuk jantung - Menjalani pola hidup sehat bisa menjadikan Anda terhindar dari risiko terkena serangan jantung dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Salah satunya yaitu dengan cara memulai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat bagi jantung. Nah, untuk lebih jelasnya logkesehatan.blogspot.co.id dibawah ini akan menjelaskan secara rinci mengenai makanan sehat untuk jantung yang wajib anda ketahui.

Makanan Sehat Untuk Jantung Koroner


Buat anda yang mempunyai keluhan jantung koroner, yang perlu anda ketahui penyebab utama dari jantung koroner yaitu adanya penyumbatan dan pemblokiran darah yang mengakut banyak oksigen ke jantung  pada pembuluh darah yang di diakibatkan oleh sejenis lilin atau plak yang mengeras di pembuluh darah di jantung. Penderita jantung koroner umumnya dalam mengkonsumsi makanan wajib di perhatikan detailnya serta di jaga dari makanan yang dapat memicu penyakit jantung koroner. Dibawah ini merupakan beberapa makanan sehat untuk para penderita jantung koroner sebagai berikut :
  • Tomat
  • Apel
  • Aneka buah berry
  • Delima merah
  • Pisang
  • Popcrn
  • Teh hijau
  • Yogurt
  • Kismis
  • Biji bijian
  • kacang hijau
  • Ikan salmon
  • kacang kacangan
  • Coklat hitam
Nah setelah mengetahui makanan yang sehat bagi penderita jantung koroner. Maka berikut ini merupakan   makanan yang mengandung lemak jenuh, karena makanan tersebut akan menaikkan kadar LDL atau kolesterol jahat di tubuh, sehingga merupakan pantangan makanan penyakit jantung koroner, seperti :
  • Sosis dan potongan lemak daging
  • Mentega
  • Lemak Babi
  • Roti isi daging
  • kelapa
  • Krim
  • Keju
  • Kue dan Biskuit
  • Makanan yang mengandung minyak

Itulah beberapa makanan yang baik dan yang tidak baik untuk penderita jantung koroner.

Makanan Sehat Untuk Jantung Berdebar


Mungkin anda pernah mengalami jantung berdetak cepat atau tidak teratur. Ini dikenal dengan palpitasi (jantung berdebar) dan sebagian besar terjadi karena gugup. Palpitasi diakibatkan oleh pelepasan bahan kimia adrenalin yang menyebabkan meningkatnya detak jantung. Palpitasi juga dapat ditimbulkan oleh asupan alkohol berlebih, kafein, narkoba, serta juga dapat disebabkan oleh hipertiroidisme, serta kerja fisik yang berat.

Bila Anda mengalaminya, dibawah ini adalah beberapa makanan yang bisa menenangkan kasus jantung berdebar, seperti yang kami lansir dari Boldsky berikut ini :

Madu 

Madu bisa membantu menormalkan detak jantung cepat atau yang tidak teratur. Anda juga dapat meminum madu saat merasa gugup. Campurkan satu sdt. madu dengan segelas air lemon, lalu minum setiap hari dengan rutin guna menyehatkan jantung.

Makanan yang kaya magnesium 

Asupan magnesium dengan cukup mampu melindungi jantung dari bermacam penyakit serta dapat mengobati jantung berdebar. Anda bisa mengonsumsi bayam, pisang, yogurt, dan dark chocolate sebagai makanan sumber magnesium.

Kayu manis 

Kayu manis bisa melenyapkan kolesterol jahat dalam tubuh serta mampu meningkatkan aliran darah. Kayu manis juga tinggi akan nutrisi yang diperlukan oleh jantung misalnya mangan dan kalium. Kayu manis juga bisa menurunkan hipertensi. Campurkan 1 sdt. bubuk kayu manis dengan segelas air hangat lalu minumlah secara rutin setiap hari guna menyehatkan jantung.

Jambu biji 

Makanlah 1 buah jambu biji setiap pagi ketika perut masih kosong. Hal ini dapat membantu menormalkan detak jantung yang tidak teratur. Disamping itu jambu biji juga efektif untuk mengatasi kecemasan serta anemia.

Minyak ikan 

Minyak ikan begitu baik untuk kesehatan secara umum, terutama bagi penderita jantung. Minyak ikan juga bisa membantu mengontrol palpitasi serta stabilisasi pada membran sel jantung.

Jus anggur 

Minumlah 2 gelas jus anggur alami, bukan kemasan, setiap hari guna mengatasi masalah jantung berdebar.

Nah itulah 6 makanan yang mampu menormalkan detak jantung yang cepat dan tak beraturan. Bila masalah itu terus berlanjut,  segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah


Berikut ini merupakan makanan untuk jantung lemah yang sangat baik . Anda bisa menambahkannya sebagai menu diet sebagai asupan vitamin, mineral, nutrisi, dan antioksidan yang dibutuhkan guna memelihara kesehatan jantung.

Salmon

Vitamin D serta omega 3 yang terkandung didalam ikan salmon sangat baik bagi kesehatan jantung. Vitamin D dapat membantu melancarkan pencernaan, mendukung fungsi imun tubuh. Sedangkan omega 3 yang ada pada ikan salmon sudah terbukti dapat meningkatkan profil lipid, oksida nitrat serta sebagai antioksidan. Disamping itu ikan salmon juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh.

Asparagus

Didalam 1 cangkir asparagus kaya akan folat, vitamin A, C, dan K, serta bermacam mineral seperti magnesium dan potasium yang dibutuhkan untuk fungsi otot. Para peneliti juga telah menemukan asam fenolik yang ada didalam asparagus berkhasiat guna meningkatkan efektivitas enzim detoksifikasi yang memfasilitasi menghilangkan senyawa beracun dalam tubuh.

Bayam

Bayam dikenal sebagai makanan super, menyediakan phytochemical kuat, vitamin K,A, dan C, serta kalsium dan magnesium. Satu porsi bayam berkontribusi 20% dari kebutuhan tubuh sehari-hari yang berasal dari magnesium. Hal ini sangat penting karena tubuh butuh sekali akan magnesium untuk fungsi otot yang tepat, mengontrol gula darah, mengatur tekanan darah, membuat glutathione serta sebagai antioksidan.

Almond

Almond juga sudah terbukti efektif untuk menyeimbangkan kolesterol serta melenyapkan lemak jenuh. Disamping itu almond mampu memberikan asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk memelihara kesehatan jantung.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita jantung lemah. Oleh karena itu buat Anda yang jantungnya mengalami masalah, disarankan untuk mengkonsumsi makan yang tertera diatas, supaya  senantiasa jantung anda terjaga kesehatannya.

Makanan Sehat Untuk Jantung Bengkak


Bagi anda penderita jantung bengkak wajib untuk mulai mengontrol makanannya, tidak semua makanan cocok bagi penderita jantung bengkak. Nah, pada kesempatan kali ini admin khusus membahas mengenai makanan untuk penyakit jantung bengkak yang baik untuk dikonsumsi, yuk kita simak selengkapnya :

Makanan yang mengandung asam folat. Asam folat sangat mudah anda ditemukan pada sari jeruk, brokoli segar, kacang merah serta bayam. Asam folat dapat meredakan bermacam jenis penyakit jantung termasuk jantung bengkak

Buah apel dan buah anggur. Kedua buah ini memiliki senyawa flavonoid yang baik untuk jantung bengkak. Selain apel dan anggur flavonoid juga terdapat didalam bawang dan teh.

Ikan yang banyak mengadung omega 3 seperti ikan tuna, sarden serta ikan makarel, tapi jangan dimasak memakai minyak goreng berlebih.

Cemilan yang baik bagi penderita jantung bengkak yaitu jenis kacang almond dan kacang tanah. Usahakan direbus, misalnya ingin digoreng juga boleh tapi dengan minyak yang rendah. Kedua jenis kacang ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan pada jantung.

Mengonsumsi tomat setiap hari paling tidak 3 buah dapat membantu memberikan asupan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa meminimalisir inflamasi dalam jantung.

Makanan yang didalamnya terkandung vitamin B6 dan Vitamin E. Kedua vitamin ini dapat menjadi anti inflamasi untuk jantung yang membengkak. Vitamin B6 dan vitamin E bisa ditemukan pada buah pisang, alpukat serta makanan pokok seperti beras merah, gandum dan daging ayam dengan sedikit kolestrol.

Makanan sehat untuk jantung diatas akan lebih maksimal bila dibarengi oleh pengaturan kadar lemak dan karbohidrat dalam jumlah total kalori. Tidak boleh melebihi batas atau kurang dari kadar yang dibutuhkan tubuh. Disamping mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang pas aktifitas fisik juga perlu dilakukan untuk membuat jantung kembali dalam kedaan normal.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai makanan sehat untuk jantung yang wajib temen-temen ketahui, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon