Sunday, April 2, 2017

Rekomendasi Terbaik Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

Makanan sehat untuk ibu menyusui


Makanan sehat untuk ibu menyusui -  Ibu menyusui umumnya tidak harus melakukan perubahan terhadap jadwal atau jumlah gizi makanan saat program menyusui. Satu hal yang penting, makanan ibu menyusui harus bisa memberikan nutrisi yang cukup, baik bagi ibu  maupun bagi sang bayi.

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui


Untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi, makanan berikut ini dapat anda jadikan pilihan ideal untuk para ibu menyusui, karena merupakan makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, sehat tentunya tetaplah di logkesehatan.blogspot.co.id .


Gandum utuh dan nasi merah

Gandum utuh dan nasi merah

Kebutuhan karbohidrat yang dapat diperoleh dari nasi dan roti tentu  harus dipenuhi. Supaya tidak hanya karbohidrat saja yang masuk, sesekali gantilah menu ini dari makanan yang terbuat dari gandum utuh yang lebih tinggi serat. Makanan jenis ini adalah sebagai suplemen untuk ibu menyusui yang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk ibu dan bayi karena tinggi akan kandungan asam folat. Disamping gandum utuh, nasi merah juga dapat dijadikan alternatif karena bisa menyediakan kalori guna produksi ASI yang berkualitas tinggi.

Telur dan ikan

Telur dan ikan

Penuhi kebutuhan protein makanan ibu menyusui dari daging dan telur. Telur didalamnya terkandung vitamin D yang dapat membantu  pembentukan tulang bayi. Pilihlah telur yang diperkaya DHA guna memperoleh kandungan asam lemak esensial yang tinggi. Dapatkan juga protein lewat ikan, minimal dua porsi seminggu. Pilihlah ikan yang tinggi kandungan DHA, seperti salmon. DHA sendiri disamping baik bagi perkembangan sistem syaraf bayi, juga dapat membantu mengurangi stres setelah melahirkan nantinya.

Buah dan sayuran


Buah dan sayuran mempunyai ragam mikronutrisi yang berperan penting untuk membantu perkembangan ibu dan anak. Serat terkandung didalam buah dan sayuran baik sekali untuk sistem pencernaan para ibu yang sedang menyusui. Keluhan paling umum seperti konstipasi sehabis melahirkan dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Pastikan juga buah dan sayur yang dikonsumsi terbebas dari pestisida.



Kadar Nutrisi yang Wajib Diketahui


Kebutuhan gizi ibu menyusui beda dengan wanita yang sedang tidak menyusui. Maka tingkat nutrisi yang diperlukan juga pasti berbeda. Untuk bayangan secara umum, berikut ini merupakan beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Kalori Secara umum

Ibu menyusui memerlukam 500 kalori lebih banyak dibandingkan wanita yang sedang tidak menyusui. Tetapi, daripada menghitung ukuran kalori, lebih baik berpatokan pada rasa lapar yang kerap anda rasakan saja. Karena penghitungan kalori dapat berbeda setiap orangnya, karena kebutuhan makanan ibu menyusui  dipengaruhi oleh banyak faktor dari ibu menyusui itu sendiri. Tiap ibu menyusui harus memerhatikan detail intensitas kegiatan, metabolisme tubuh, serta frekuensi menyusui.

Vitamin dan mineral

Selama menyusui, adalah sesuatu yang normal bila kebutuhkan vitamin dan mineral akan lebih banyak dari hari biasanya. Hal ini demi untuk  mencukupi kebutuhan ibu serta bayi sekaligus. Usahakan asupan mineral dan vitamin dapat tercukupi agar ibu dan bayi bisa tumbuh optimal. Untuk memperolehnya, pastikan makanan yang dikonsumsi bervariasi, seimbang, dan alami. Energi yang dihasilkan pun dapat bertahan lebih lama dalam tubuh dibandingkan makanan yang bahannya sintesis. Makanan yang beragam juga bisa memperkaya gizi air susu, sekaligus melatih bayi hingga terbiasa ketika sudah diberikan makanan pendamping ASI nantinya.

Cairan tubuh

Pastikan kebutuhan cairan untuk tubuh terpenuhi. Minumlah secara rutin tanpa harus menunggu haus terlebih dahulu. Bila warna urine Anda kuning pekat, tambahi porsi air minum Anda. Walaupun jumlah asupan air tidak memengaruhi suplai ASI bagi bayi, tetapi upaya mencukupi cairan begitu penting saat menyusui. Perlu diingat jika ketika Anda menyusui, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang akan mempercepat timbulnya rasa haus.

Makanan Yg Dilarang Untuk Ibu Menyusui

 

Makanan Yg Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga wajib memerhatikan beberapa zat makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan ibu dan sang bayi. Berikut ini adalah pantangan makanan ibu menyusui yang wajib diketahui, antara lain sebagai berikut :

Minuman Keras

Zat alkohol yang ada di dalam minuman keras akan turut dikonsumsi bayi lewat air susu ibu. Walaupun boleh untuk batasan tertentu, menghindari sepenuhnya bisa menjadi tindakan yang bijaksana. Zat alkohol didalam sekaleng bir dapat bertahan di dalam tubuh selama 2-3 jam. Artinya, Anda berisiko menyalurkan zat alkohol kepada bayi lewat proses menyusui ketika itu.

Kafein

Mengkonsumsi kafein secara berlebih juga sangat tidak disarankan ketika masa menyusui. Jangan mengonsumsi lebih dari 3 gelas kopi dalam sehari. Tingginya kandungan kafein di pada air susu ibu bisa mengganggu sistem pencernaan bayi nantinya. Kafein juga ada didalam coklat, minuman ringan, kopi serta teh.

Ikan yang terpapar merkuri

Walaupun ikan kaya akan protein, hindari beberapa ikan yang berisiko  terkontaminasi oleh merkuri. Beberapa jenis ikan yang terpapar  merkuri seperti hiu, kakap, makarel dan todak.

Hindari Rokok

Disamping makanan, yang wajib dihindari juga yaitu kebiasaan merokok. Merokok di sekitar bayi dapat meningkatkan risiko untuk mengalami berbagai kondisi misalnya, bronkitis, asma,  pneumonia, serta infeksi telinga. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa mengurangi kuantitas produkasi ASI. Bila kuantitas ASI anda berkurang sebenarnya ada makanan untuk memperbanyak asi namun alangkah baiknya untuk mencegah.

Nah, setelah mengetahui beberapa makanan ibu menyusui yang disarankan dan yang wajib dihindari, Anda dapat lebih nyaman dan aman dalam menjalankan program menyusui sang buah hati. Demikianlah penjelasan singkat mengenai makanan sehat untuk ibu menyusui yang wajib bunda ketahui. Selamat menjalankan, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon