Tuesday, April 11, 2017

Tips Kesehatan Mata, Penyebab, Pengobatan Secara Mudah dan Lengkap

 kesehatan mata

kesehatan mata merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kita jaga secara baik dan benar. Jadi kita harus tahu benar cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus, Karena mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting di kehidupan manusia, dengan mata, manusia dapat menikmati indahnya alam yang begitu menakjubkan. Oleh karena itu, supaya mata Anda tetap sehat untuk bisa terus menikmati keindahan dunia ini, Anda wajib menjaga kesehatan mata dengan baik mulai dari kesehatan mata anak hingga manula tanpa terkecuali selama yang bersangkutan masih hidup. Berikut ini logkesehatan.blogspot.co.id akan menjelaskan tentang beberapa jenis penyebab dan pengobatan kesehatan mata, antara lain sebagai berikut :


Kesehatan Mata Katarak

 

Kesehatan Mata Katarak


Katarak yaitu bagian keruh di area lensa mata yang pada umumnya bening serta dapat mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menimbulkan rasa sakit dan merupakan penyakit yang paling umum terjadi.

Penyebab Katarak pada Manula

Penyebab katarak belum diketahui dengan pasti. Seiring usia bertambah, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, juga kandungan airnya. Inilah yang menjadikan lensa mata yang tadinya bening, menjadi keruh. Sampai saat ini, alasan penuaan yang berujung pada perubahan protein di lensa mata belum diketahui. Walaupun demikian, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena katarak, diantaranya sebagai berikut :

  • Mata yang terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata.
  • Mengkonsumsi obat kortikosteroid dalam dosis yang tinggi untuk waktu yang lama.
  • Pernah melakukan operasi mata.
  • Pernah mengalami cedera di mata.
  • Mempunyai riwayat keluarga yang terkena katarak.
  • Pola makan tidak sehat serta kurang asupan vitamin.
  • Mengkonsumsi minuman keras dalam jumlah dan rutin.
  • Merokok.


Pengobatan Katarak Pada Manula


Kacamata serta lampu yang terang mungkin dapat membantu katarak tipe ringan. Walaupun demikian, katarak akan berkembang dengan berjalannya waktu dan akhirnya penderita akan memerlukan bantuan operasi. Salah satu pengobatan yang terbukti sangat cepat dan signifikan, terutama untuk penderita yang kondisi kataraknya telah menghambat aktifitas sehari-hari. Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan diganti oleh lensa plastik bening. Proses operasi umumnya dilaksanakan dengan pembiusan lokal supaya mata menjadi mati rasa. Sebenarnya ada beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami tapi biar lebih tajam lagi akan admin ulas dikesempatan selanjutnya yah.

Pemulihan pasca operasi memerlukan beberapa hari hingga minggu, namun, umumnya semua orang yang melakukan operasi akan mengalami peningkatan pada penglihatan mereka. Penderita umumnya dapat kembali melakukan rutinitas dengan normal dalam waktu 2 minggu pasca operasi tersebut.

Pemakaian kacamata mungkin saja dibutuhkan guna membantu penglihatan jarak jauh serta dekat. Sama halnya bila sebelumnya sudah berkacamata, ukuran lensa dapat berubah. Dianjurkan agar menunggu pemulihan terlebih dahulu sebelum membikin kacamata baru lagi.


Kesehatan Mata Minus

 

Kesehatan Mata Minus


Gejala Mata Minus


Cobalah simak dan perhatikan penjelasan tentang gejala mata minus berikut ini. Nah, bila Anda merasakan beberapa gejala ini, kemungkinan besar anda harus konsultasikan kesehatan mata anda segera ke dokter. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini :

  • Kesulitan ketika melihat suatu objek dari jarak jauh tetapi jelas ketika  dilihat dari jarak yang dekat
  • Memicingkan mata ketika memandang sesuatu
  • Kesulitan melihat ketika berkendara
  • Harus duduk dekat ke papan tulis (miopia pada anak) agar melihat dengan jelas
  • Saat menonton televisi harus dekat supaya terlihat jelas
  • Nampak terasa tegang
  • Mata nampak terasa lelah
  • Sakit kepala
  • Kerap kali mengucek mata
  • Mata sering mengedip

Penanggulangan Mata Minus


Seiring usia bertambah, ketajaman mata jelas akan semakin berkurang. Bila Anda merasakan beberapa gejala di atas, atau mempunyai resiko mata mengalami kerusakan, ada baiknya periksakan mata Anda ke dokter segera. Jika tidak ada keluhan penglihatan, orang dewasa tetap disarankan memeriksakan mata secara rutin saat usia 40 tahun. Di usia 40 sampai 54 tahun, pemeriksaan mata dapat dilakukan tiap 2 sampai 4 tahun. Pada usia 55 sampai 64 tahun, setiap 1 sampai 3 tahun. Serta di usia 65 tahun ke atas, pemeriksaan dapat dilakukan setiap 1 maupun 2 tahun, demi menjaga kesehatan mata minus agar dapat segera diatasi. Pada anak-anak, ada baiknya mulai menjalani pemeriksaan mata saat sebelum sekolah. Pada saat mulai memasuki masa sekolah, lakukan rutin tiap satu atau dua tahun.

Terapi Mata Minus


Bila ternyata mata Anda telah telanjur ada gangguan seperti mata minus, maka  Anda dapat melakukan beberapa terapi misalnya memakai kacamata maupun lensa kontak. Kacamata merupakan salah satu teknik yang mudah serta aman untuk mengoreksi kesehatan mata minus . Nah, kalau lensa kontak tidak mempunyai kekurangan tersebut, tetapi perawatannya relatif lebih rumit dibanding kacamata. Buat Anda yang memerlukan koreksi mata secara permanen, Anda bisa melakukan operasi. Berbagai macam pilihan operasi yang dapat dilakukan misalnya, operasi LASIK, operasi LASEK, dan photorefractive keratectomy (PRK) dan sebagainya.


Kesehatan Mata Silinder

 

Kesehatan Mata Silinder


Mata silinder memiliki istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena  bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna.

Penyebab Mata Silinder


Mata mempunyai beberapa komponen kunci supaya dapat melihat secara baik dan normal. Salah satunya yaitu sistem optik mata yang terdiri dari kornea serta lensa. Keduanya keduanya saling melengkapi guna menjadikan cahaya masuk terfokus menjadikan gambar sempurna didalam retina.

Pada orang yang mempunyai mata silinder, kornea bentuknya tidak sempurna. Normalnya mempunyai bentuk cembungan yang sempurna, mirip lengkungan di bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata mirip bola rugbi. Ketidaksempurnaan cembungan yang terdapat di lensa juga bisa membuat mata menjadi silinder.

Saat cembungan yang terbentuk kurang sempurna atau tidak rata, maka pasti akan mengalami mata silinder. Karena, cahaya yang masuk dari kornea tidak fokus pada satu titik di retina sehingga menyebabkan penglihatan kabur.

Disamping cacat bentuk yang yang umumnya sudah ada sejak lahir, beberapa kondisi berikut dapat juga menjadi penyebab mata menjadi silinder antara lain :

  • Infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea.
  • Melakukan operasi mata yang menjadikan adanya perubahan kornea.
  • Adanya pembengkakan, penipisan, serta perubahan di kornea.
  • Kondisi yang mempengaruhi kelopak mata sehingga menjadikan kornea terganggu.


Pengobatan yang Bisa Dilakukan



Cara-cara dibawah ini dapat digunakan dalam rangka memulihkan penglihatan yang terganggu karena mata silinder.

Memakai kacamata


Dengan memakai lensa khusus, kacamata merupakan cara yang sangat mudah untuk mengoreksi pandangan yang kabur atau berbayang karena mata silinder.

Memakai lensa kontak


Prinsip lensa kontak pada dasarnya sama dengan kacamata. Pilihan yang tepat antara kacamata atau lensa kontak tergantung pada penderita. Supaya tidak salah pilih,  berkonsultasilah dengan dokter mata terlebih dahulu.

Operasi LASIK


Lewat cara ini, bentuk kornea diubah menggunakan laser. Pada awalnya lapisan permukaan kornea dibuka memakai alat khusus yang bernama keratom. Selanjutnya laser dipakai untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. Flapnya setelah itu ditutup kembali.

Operasi LASEK


Cara ini mirip dengan operasi LASIK, akan tetapi flap dibuat lebih tipis, hanya setebal lapisan epitel.

Photorefractive keratectomy (PRK)


Melalui cara ini, lapisan epitel dilenyapkan  tanpa membuat  flap. Namun setelah operasi LASIK dan LASEK ditemukan, cara ini jarang dipakai lagi sekarang ini.

Bila Anda mengidap mata silinder dan ingin mengobatinya, ada baiknya konsultasikan dengan dokter untuk memilih cara mana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini  untuk ditempuh. Intinya kesehatan mata adalah suatu hal yang wajib kita perhatikan secara penuh, karena mata merupakan aset terbesar dalam hidup kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikianlah penjelasan singkat tentang kesehatan mata yang mana hal ini begitu sangat penting bagi kita semua. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat, terimakasih.


EmoticonEmoticon