Tuesday, April 11, 2017

Jenis Makanan Sehat Untuk Anak Yang Sangat Baik Dikonsumsi Oleh Si Kecil Yang Berusia 1-2 Tahun


makanan sehat untuk anak

Makanan sehat untuk anak - Anak sangat memerlukan nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh dan berkembang secara sehat. Maka dari itu, anak-anak harus secara rutin untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral serta nutrisi lainnya. Disamping itu, anak-anak juga wajib menghindari jenis makanan olahan dan makanan ringan yang banyak mengandung gula, karena berisiko melemahkan sistem kekebalan tubuhnya dan berpengaruh buruk kepada kesehatan.

Makanan Sehat Untuk Anak 1 Tahun


Pada usia 1 tahun pertama, bayi mempunyai kecepatan pertumbuhan yang signifikan. Untuk mengimbanginya, selalu pastikan untuk memberinya makanan anak 1 tahun secara tepat. Menginjak usia satu tahun, sudah saatnya anak dikasih makan 3 kali sehari dan bisa diselingi dengan memberinya camilan di antara waktu makan tersebut.

Makanan yang Dianjurkan


Walaupun tidak ada ketentuan tentang makanan sehat untuk anak 1 tahun, Anda harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Beberapa makanan yang gampang untuk Anda sajikan  antara lain sebagai berikut.

Nasi merah

Nasi merah didalamnya terdapat banyak energi, vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih. Nasi jenis ini juga mempunyai karbohidrat yang kompleks sehingga lebih lama diserap tubuh, oleh karena itu, kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai menjadi stabil.

Ubi

Makanan ini tinggi akan kandungan vitamin A dan C dan kaya akan fitokimia. Salah satu fungsi senyawa fitokimia yaitu untuk benteng tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

Daging ayam

Daging ayam sangat baik karena jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibanding daging merah. Namun bagian kulit ayam mengandung lebih banyak lemak bila dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Oleh karena itu pisahkan antara daging dan kulitnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Daging merah

Makanan ini menyediakan zat besi  untuk pertumbuhan anak usia 1 tahun. Zat besi didalam daging merah siap diserap oleh tubuh. Berikan daging merah pada anak 1 tahun cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

Ikan

Nutrisi dari ikan  yang rendah lemak serta mengandung selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan begitu baik untuk memerangi radikal bebas dan juga mendongkrak sistem imun tubuh. Ikan yang dianjurkan seperti, ikan salmon yang memiliki lemak esensial yang begitu baik untuk menunjang perkembangan otak.

Wortel

Wortel tinggi akan betakaroten yang  dikonversi  tubuh menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang bertanggung jawab memelihara kesehatan mata.

Tomat

Tomat mengandung salah satu pigmen antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker dan penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut dikenal dengan nama likopen.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber utama vitamin C. Vitamin ini begitu penting untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi jeruk sehabis makan sangat dianjurkan.

Sayuran berwarna terang

Sayuran yang memiliki warna yang terang mengandung aneka fitokimia yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung koroner serta kanker.

Susu

Walaupun jenis makanan anak 1 tahun sudah banyak, tetap lanjutkan pemberian susu. Susu masih sangat dibutuhkan oleh anak dalam usia tersebut, karena susu mengandung kalsium dan vitamin D yang begitu baik bagi pertumbuhan tulang.

Nah, yang ini tidak kalah penting, yaitu jangan selalu menuruti kemauan sang anak setiap kali makan.Terkadang anak akan meminta makan walaupun dia belum lapar atau meminta makanan yang mereka sukai. Alihkan perhatiannya dengan hal lain supaya anak tidak terus-terusan makan. Untuk alternatifnya, anda bisa memberikan pilihan makanan lain yang menarik supaya anak tidak suka pemilih.


Makanan Sehat Untuk Anak 2 Tahun

 

Makanan Sehat Untuk Anak 2 Tahun

 Bunda mesti cermat memilih jenis makanan sehat dan bergizi untuk sang bayi supaya bisa memastikan asupan gizinya lengkap. Memberikan makanan sehat bergizi begitu penting guna pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati. Namun, pastikan bila asupan makanan tersebut nyaman bagi lambungnya serta gampang dicerna oleh giginya yang masih sangat lemah dan kecil.

Nah, berikut ini adalah makanan sehat bergizi untuk balita yang sudah menginjak usia 2 Tahun, antara lain sebagai berikut :

Sup Ayam

Sup ayam yang lengkap terdiri dari  buncis, wortel, kentang, daun bawang dan seledri sangat cocok untuk menu makan siang si kecil. Daging ayam dapat memenuhi kebutuhan protein untuk pertumbuhan otot. Wortel memenuhi kebutuhan vitamin A untuk perkembangan serta kesehatan matanya. Kentang mencukupi keperluan karbohidrat, daun bawang dan seledri mencukupi kebutuhan mineral guna pertumbuhan si kecil.

Sayur Bayam

Ahli gizi sangat menganjurkan sayur bayam untuk balita dengan usia 1 sampai 3 tahun. Karena bayam memiliki kandungan zat besi yang baik guna melancarkan peredaran darah. Terdapat juga vitamin dan mineral dan antioksidan betakarotein.

Sayuran Hijau, Kuning, Merah, Ungu Yang Di tim

Anda dapat mencampurkan beberapa macam sayuran berwarna untuk disajikan sebagai tim yang enak. Bunda dapat mengukusnya dengan dicampur sedikit garam. Tim dari beragam sayur menjadi menu yang memiliki vitamin kompleks untuk memenuhi kebuthan vitamin si kecil.

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe merupakan lauk yang sederhana tetapi nikmat bagi si kecil. Terbuat dari kedelai yang tinggi akan lemak sehat, protein, vitamin D, kalsium, serta flavonoid.

Ikan 

Pada umur 2 tahun, bayi akan mengalami perkembangan otak secara cepat. Maka dari itu penuhilah kebutuhan gizinya agar dapat mendukung perkembangan otak si kecil, misalnya memberikan ikan salmon, makarel, sarden, tuna, dan sebagainya yang kaya akan kandungan omega 3 dan protein untuk mencerdaskan otak si kecil.

Sereal

Serat yang terkandung didalam sereal begitu baik bagi sistem pencernaan si kecil. Bunda dapat memberikan sereal padat untuk cemilan si kecil.

Susu

Susu begitu wajib bagi si kecil. Di umur 2 tahun, dibutuhkan kalsium guna mendukung pertumbuhan tulang. Kalsium bisa didapatkan dari susu, tetapi akan lebih baik bila bunda memberikannya susu yang rendah lemak guna mencegah obesitas.

Puding Buah Segar

Si kecil pastinya belum bisa menggit bemacam jenis buah, bunda dapat memilih alternatif dengan membuat puding dari buah. Buah mengandung mineral, serat, vitamin,gula fruktosa serta air guna memelihara keseimbangan tubuhnya.

Bubur Kacang Hijau

Bila sang buah hati sedang tidak enak badan serta tidak nafsu makan, berilah bubur kacang hijau yang manis. Kacang hijau tinggi akan kandungan serat, protein, lemak, vitamin B,  dan karbohidrat sehingga cukup guna memenuhi energi si kecil supaya tubuhnya tidak lemah.

Buah Pisang

Pisang merupakan makanan sehat yang tinggi akan kandungan nutrisi bagi si kecil. Pisang didalamnya terkandung  lemak sehat, potasium, mangan, vitamin c, karbohidrat, dan sebagainya sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi guna mendukung pertumbuhan si kecil.

Demikianlah penjelasan singkat tentang makanan sehat untuk anak  yang wajib bunda ketahui. Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk semua, terimakasih.


EmoticonEmoticon