Thursday, April 13, 2017

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Sebagai Pendamping Asi Eksklusif

 Makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan -  Saat bayi berusia antara 1 sampai 6 bulan, cukuplah ASI saja sebagai makanan utamanya, karena ASI sangat penting guna meningkatkan imunitas bayi. Setelah 6 bulan barulah boleh diberi makanan pendamping ASI yang sehat dan bernutrisi tentunya, bisa dalam bentuk bubur karena sistem pencernaan bayi belum optimal. Sebelum bayi bisa makan dalam jumlah normal, ada baiknya tetap diberikan ASI, setelah bisa makan secara normal, secara perlahan kurangilah asupan ASI sedikit demi sedikit. Ada baiknya juga jumlah asupan makanan pendamping ASI dilakukan secara perlahan, jangan tiba-tiba dalam jumlah yang banyak, biarkanlah terlebih dahulu sistem pencernaannya beradaptasi secara baik, serta sesuaikan  jadwal pemberian makanan bayi usia 6 bulan setiap harinya. Bayi juga terkadang susah untuk disuapi, pada dasarnya hal tersebut normal saja, mungkin sang bayi telah merasa kenyang dengan makanan barunya, jangan dipaksa bila buah hati Anda menolaknya.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan


Disamping mengonsumsi ASI, bayi yang usianya telah 6 bulan atau  lebih dianjurkan supaya juga mengonsumsi beberapa jenis makanan pendukung ASI lainnya. Cara yang paling gampang yaitu dengan membeli makanan bayi di toko atau supermarket. Namun agar lebih aman dan sehat, Anda bisa mengganti makanan instan tersebut dengan makanan yang bersifat alami. Makanan sehat untuk bayi 6 bulan keatas sebagai pendamping ASI sangat diperlukan agar bayi dapat beradaptasi dengan jenis makanan lain yang lebih padat. Dan untuk hal ini, bayi hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut mulai dengan takaran kira-kira 1 sendok makan per sekali makan.

Jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan pertama yang dari zaman dulu selalu dianjurkan yaitu bubur susu. Semua makanan yang dikonsumsi bayi pun umumnya  berupa bubur. Ketika mengonsumsi buah pun pasti buahnya dihaluskan terlebih dahulu agar mudah dicerna dengan baik oleh bayi. Berikut ini admin akan sharing beberapa resep sederhana membuat bubur bayi agar Anda dapat mengurangi konsumsi bubur instan untuk sang bayi.

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi


Bubur Susu

Menu makanan bayi 6 bulan buatan sendiri yang pertama yaitu bubur susu. Bubur susu merupakan salah satu makanan sehat bagi bayi usia 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Makanan ini adalah jenis makanan padat pertama yang sangat baik diberikan pada sang bayi. Cara membuatnya pun tergolong gampang. Yang bunda perlukan yaitu tepung beras sebanyak 1 sendok makan, dan susu formula kira-kira sebanyak 200 ml. Selanjutnya larutkan tepung beras tersebut memakai susu formula. Masaklah menggunakan api kecil sampai sedikit mendidih, dan campurannya agak mengental. Bila ada tepung yang menggumpal, saringlah terlebih dahulu.

Bubur Susu Kentang

Untuk variasi makanan sehat berikutnua, Anda dapat membuat bubur susu kentang. Variasi makanan bayi diperlukan supaya bayi tidak merasa bosan karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Cara membuatnya adalah siapkan 50 gram kentang yang telah dikupas dan dikukus lalu dipotong kecil-kecil. Selanjutnya sediakan juga susu formula atau lebih baik memakai ASI sekitar 50 ml. Cara membuatnya, haluskan kentang yang telah dicampur dengan sedikit susu memakai blender. Setelah itu tambahkan susu yang tersisa tadi dan bubur siap dihidangkan. Sama seperti cara membuat bubur susu, agar tidak ada gumpalan ada baiknya setelah diblender saringlah terlebih dahulu.

Bubur Sayur

Bayi juga memerlukan bermacam jenis sayur untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Dan bubur sayur merupakan salah satu makanan bayi 6 bulan pertama kali yang dapat Anda coba, karena cara membuatannya pun cukup mudah. Siapkan kurang lebih 50 gram brokoli yang telah dikukus dan dipotong-potong. Lalu siapkan juga sekitar 5 sdm susu boleh susu formula atau ASI. Cara membuatannya sama dengan cara membuat bubur bayi sebelumnya. Haluskan bahan utama yang telah dicampur susu menggunakan blender, lalu campurkan dengan susu yang tersisa. Untuk variasi makanannya, Anda dapat mengganti brokoli dengan sayuran lainnya misalnya bayam, kangkung, wortel, daun sawi, dan sebagainya.

Bubur Buah

Disamping sayuran, bayi juga memerlukam berbagai asupan vitamin yang bisa dia dapatkan dari buah untuk bayi 6 bulan usianya. Namun tentunya bayi tidak dapat mengonsumsi buah dengan langsung seperti orang dewasa. Oleh karena itu makanan sehat bayi selain bubur sayur yaitu bubur buah yang bisa bunda buat dari buah-buahan. Buah yang dianjurkan yaitu pisang Ambon. Cara membuatnya siapkan sekitar 50 gram atau satu buah pisang Ambon yang sudah dikupas serta dipotong. Kemudian haluskan pisang yang telah dicampur dengan sedikit susu memakai blender. Setelah itu sajikan dan tambahkan sisa susu formula sebelumnya. Ada beberapa jenis buah lain yang dapat bunda jadikan variasi makanan sehat seperti apel, mangga dan pepaya.

Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Bayi 6 Bulan

 

Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Bayi 6 Bulan

Tidak terlalu sulit bukan? untuk membuat resep makanan bayi usia 6 bulan untuk menambah berat badan ? Nah, disamping bunda mengetahui beberapa cara membuat bubur susu yang sudah di jelaskan diatas, bunda juga harus mengetahui asupan nutrisi apa saja yang diperlukan oleh bayi selain ASI. Dengan demikian nutrisi yang diperlukam bayi untuk tumbuh kembangnya dapat terpenuhi. Untuk lebih jelasnya beberapa jenis nutrisi tersebut bisa bunda simak dibawah ini :

Protein

Protein sangat diperlukan oleh sang bayi sebagai zat yang mampu memelihara sekaligus memiliki peran untuk memperbaiki jaringan tubuh. Untuk memperoleh asupan protein yang cukup, bunda dapat mencampurkan ayam giling atau daging sapi giling ke bubur yang bunda buat untuk sang buah hati.

Lemak

Selain protein bayi juga memerlukan asam lemak esensial yang wajib dipenuhi guna kepentingan perkembangan sang bayi. Disamping itu lemak juga berkhasiat sebagai sumber energi bagi bayi.

Karbohidrat

Karbohidrat tentu sangat penting untuk bayi sebagai zat yang dapat menyediakan energi dalam tubuh. Dalam sehari bayi bunda memerlukan sekitar 68,75 gram  sampai 89,39 gram karbohidrat yang bisa didapatkan dari beras putih atau beras merah dan dibikin (nasi tim bayi 6 bulan) sebagai variasinya.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa daftar menu makanan bayi 6 bulan dan bagaimana cara pembuatannya. Jenis makanan tersebut tentu sangat disarankan buat bunda daripada memakai bubur instan yang ada di warung atau toko. Selain itu pastikan juga bayi bunda memperoleh asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Demikian informasi makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon